//
you're reading...
Metafisika

Tidak Berdo’a? Kelalaian yang Berbuah Celaka

    Tidak berdoa setiap akan mengawali sesuatu membuat kita lalai dari mengingat-Nya dan diri menjadi rapuh. Ada mitos tertentu yang beredar di masyarakat kita yang bisa jadi merupakan kebenaran, yang mampu menepis dan membenarkan adalah orang yang senantiasa bertakwa kepada Allah SWT. Mitos sendiri merupakan cerita yang oleh masyarakat secara turun temurun diyakini kebenarannya. Cerita bisa berupa gambaran tempat berpebnghuni makhluk halus, kemudian cerita mengenai dewa-dewa, siluman penyebab kematian, dan lain sebagainya. Umumnya di setiap tempat mempunyai mitos sendiri-sendiri yang berlainan. Kita juga sering mendengar bahwa ada suatu tempat atau daerah yang sakral. Ada juga tempat tempat tertentu yang diyakini sebagai tempat kediaman siluman atau setan dan seringkali meminta tumbal. Hal-hal semacam itu bisa digolongkan sebagai mitos, terlepas dariseseorang yang mempercayainya ataupun tidak.

Di zaman modern seperti saat ini, apakah kita masih percaya yang begitu-begituan? Pertanyaan ini mungkin dengan gampang bisa dijawab. Namun, tahukah kita kalau setiap tempat di dunia ini dihuni oleh selain manusia. Kita sebenarnya berbagi tempat dengan mereka. Iya, mereka adalah Jin yang kedudukannya di dunia juga seperti manusia, tetapi beda alam. Jin dan manusia diciptakan sama-sama untuk beribadah kepada Tuhan. Mereka bisa melihat masnusia sedangkan manusia sendiri tidak bisa melihat mereka. Hanya orang-orang yang diberi kemampuan khusus saja yang bisa melihat dan merasakan. Oleh karena itu, mereka disebut makhluk ghaib atau tersembunyi.
Firman Allah dalam Qur’an Sura Fushilat ayat 53; “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri (anfus), sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” Kita perlu mempelajari ayat-ayat dalam Quran seperti ayat di atas untuk mengungkap fenomena ini. Terkait dengan tulisan saya ini mengenai adanya mitos dan makhluk ghaib, saya meksudkan bukan untuk mengadakan interpretasi adaptif, tetapi lebih jauh upaya ini berfungsi sebagai penjabaran mengungkap fenomena yang sering terjadi berhubungan dengan dunia mistik yang secara nalar susah dipercayai oleh kebanyakan orang.
Banyak kasus kecelakaan di suatu tempat tertentu, seperti di sekitar jembatan, sungai, jalanan ramai, dan sebagainya. Ada mitos yang mengatakan kecelakaan-kecelakaan tersebut disebabkan oleh makhluk halus yang mendiami tempat kecelakaan tadi. Percaya atau tidak, jin (makhluk halus) juga tidak suka diperlakukan tidak sopan. Bisa dimaklumi, mereka hidup lebih lama jauh sebelum kita ada. Semisal kita tidak permisi, tidak sopan, di suatu wilayah tertentu yang mereka huni karena kita tidak tahu. Contoh lain adalah ketika seseorang berkendara, apabila hatinya lalai dari Tuhan , lupa diri, pikiran kosong, maka kita akan tahu kalau mereka kemungkinan besar akan celaka. Para makhluk halus, mereka bisa menutup mata manusia, dan mengelabui jalan yang dilaluinya. Bisa juga mereka menakuti manusia dengan penampakan wujud mereka. Oleh karena itu, manusia yang lalai dari mengingat Tuhannya atau tidak berdo’a terbuka kemungkinan yang sangat besar untuk terpengaruh dengan gangguan semacam di atas. Tak heran banyak terjadi kecelakaan dikaitkan dengan tempat tertentu yang angker atau memakan tumbal.  Sangat banyak kelalaian manusia sehingga tidak bisa disebutkan satu per satu. Ada yg minta pesugihan, malakukan perjanjian dengan makhluk halus. Padahal kalau dia tahu, makhluk halus yang ia ajak melakukan perjanjian hanya ingin memperbanyak pasukannya dan biar ada teman masuk neraka.
Mungkin pembaca sekalian bertanya kok bisa gitu ya. Kalau Allah tidak mengizinkan mereka mengganggu manusia niscaya Allah leburkan mereka menjadi debu sejak dahulu. Mereka bisa berbuat demikian memang karena itu atas dasar izin Allah, menjadi ujian keimanan bagi manusia. Bila pembaca sekalian tidak ingin mendapat gangguan dari makhluk halus, ada manusia yang tidak akan diganggu, karena kekuatannya iman. Sering berdoa.  Maka saya terispirasi dari menyaksikan acara tv Dua Dunia Mitos, bahwa makhluk halus tetap takut dengan Allah SWT, dan mereka tidak kuasa menggoda manusia yang bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu mereka juga tidak mau mengganggu orang-orang yang berdoa.

About erwinpunyaku

Salam kenal bagi siapa saja yang mau berkenalan dan bersahabat dengan saya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

free counters

%d blogger menyukai ini: