//
you're reading...
Intelejensia

India luncurkan satelit mata-mata

Sebuah satelit mata-mata buatan India dengan sebutan Radar Imaging Satellite atau Risat-1, dijadwalkan diluncurkan pada April 2012. Informasinya, satelit ini dapat melihat dengan menembus awan dan kabut, seperti yang disampaikan pejabat senior dan badan antariksa India atau India Space Research Organisation (ISRO).

Risat-1 adalah satelit pertama dengan gelombang microwave yang dibangun India sehingga memiliki kerumitan tersendiri dibandingkan dengan satelit penginderaan jauh lainnya.

Pada satelit sebelumnya, komponen pentingnya berupa Synthetic Aperture Radar (SAR) masih diimpor, sedangkan pada Risat-1, komponen ini sudah bisa dikembangkan di India. Satelit ini memiliki berat 1,850 kg dan merupakan satelit microwave terberat hasil karya India.

Rencananya, satelit itu digunakan untuk prediksi bencana, keperluan sektor kehutanan, pertanian, dan gambar-gambar resolusi tinggi serta bisa pula untuk tujuan pertahanan. Termasuk mampu melakukan pencitraan di semua cuaca, baik siang ataupun malam.

Satelit penginderaan jarak jauh akan mengirim kembali gambar citra bumi dan data lainnya untuk digunakan. India termasuk pemain besar dan utama dalam bisnia satelit penginderaan jarak jauh di pasar global. Satelit India mampu memberikan citra dalam berbagai resolusi dan bentuk.

Negeri sungai Gangga ini memiliki 11 satelit observasi bumi sehingga mampu jadi pemimpin dunia dalam pasar data penginderaan jarak jauh. Ke-11 satelit adalah TES, Resourcesat 1, Cartosat 1, 2, 2A dan 2B, IMS 1, Risat-2, Oceansat 2, Resourcesat-2, Megha-Tropiques.

Menurut pejabat ISRO, roket yang akan membawa Risat-1 adalah varian dari Polar Satellite Launch Vehicle’s (PSLV) yang merupakan pengembangan dari roket varian PSLV-XL.

Roket ini akan memiliki berat sekitar 320 ton. ISRO juga telah menggunakan roket varian PSLV-XL varian untuk misi bulan nya (Chandrayaan-1) pada 2008 dan untuk meluncurkan satelit komunikasi GSAT-12 pada 2011.

Lihat:

http://www.intelijen.co.id/warta/1894-india-luncurkan-satelit-mata-mata

About erwinpunyaku

Salam kenal bagi siapa saja yang mau berkenalan dan bersahabat dengan saya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

free counters

%d blogger menyukai ini: