//
you're reading...
Bangkitkan Iman, Geje aja, Mahasiswa, Pengalaman

Kelas Irhamna Ya Arhamarrohimin

Malam Jumat adalah malam yang sakral bagi umat Islam, malam ini sungguh mulia. Eits, bukankah semua malam mulia? Hehe. Nggih, tergantung amal sih! Wehe. Ya, sudah menjadi kebiasaan bagi orang-orang tertentu melakukan ritual khusus dan amalan-amalan tertentu pada malam Jumat. Termasuk kami. Sudah beberapa minggu ini anak-anak geografi uny angakatan 2010 reguler, khususnya yang laki-laki rutin menyelenggarakan acara rutin setiap malam Jumat. Acara ini diselenggarakan di salah satu kontrakan teman. Jan, apikan tenan tho cah-cah iki? Tenan kok. Acara ini berupa amalan bersama membaca surah Yasin, tahlil kemudian dilanjutkan dengan asmaul husna, dan kadang dilanjutkan menonton siaran mocopat syafaat di ADiTV yang dibawakan oleh Cak Nun/Emha Ainun Najib. Pada intinya keinginan temen-temen adalah meningkatkan iman dan taqwa, ingin dekat dengan-Nya. Harapan lain yaitu untuk meningkatkan derajat dan martabat, dalam arti luas. Mungkin sudah pada sadar ini, semester atas, merasa banyak kekurangan, pengen taubat, dan sekaligus mendoakan pendahulu-pendahulunya yang sudah tidak lagi di dunia. Wes, positif deh pokoknya. Lanjutkan!

Senangnya bukan main, aku sebelumnya terheran-heran kok bisa-bisanya mereka berinisiatif menyelenggarakan amaliyah seperti ini. Padahal kesan sholeh tidak tampak sama sekali, peace lho friends. Yo ada lah yang sholeh. Semua sholeh tho? Nggih, manut, hhe. Anggap saja begitu, amin. Itulah hati manusia, dari sebelumnya mungkin keras menerima petunjuk-Nya perlahan menjadi tercerahkan dan mau mengolah petunjuk itu. Entah ada angin apa, dari ide salah satu teman, kemudian diawali dengan ajakan, alhamdulillah teman-teman mau menyelenggarakan acara rutinan seperti ini, walaupun belum semua. Mulanya minggu pertama pembacaaan asmaul husna dan tausiyah, minggu kedua juga sama, kemudian minggu ketiga pembacaan surah yasin-tahlil-dan asmaul husna diselingi tausiyah atau apalah bisa disebut diskusi, kali ini atau malam ini (6/12/2012) adalah minggu ke empat dengan pembacaan yasin-tahlil-asmaul husna. Aku merasa senang, selama ini dipercaya teman-teman untuk memimpin jalannya acara. Nah merekalah punggawa-punggawanya ada Ganang, Burhan, Hanafi, Sapta, Riskek, Fibo, Ari, Rizqon, Dodi. Yang lain mungkin akan menyusul. Senantiasa kita harapkan keikutsertaan kalian lho Tejo, Dzikrulloh, Gathot, Apri, Ipung, Huda, Reza, dan yang mau ikut. Yang cewek juga silahkan yang mau ikut. Tidak ada paksaan sama sekali. Free.. kesadaran deh. Niatnya baik.

Acara pada malam ini terasa istimewa karena memang sebelumnya sudah direncanakan dengan baik. Lancar selancar-lancarnya. Semua yang terlibat mengikuti dengan khidmat. Diawali dengan sholat Isya’ berjamaah dengan bacaan imam shalat yaitu surah ar rohman, kemudian teman-teman berkumpul melingkar di kamar kost yang cukup besar untuk menyelenggarakan amaliyah ini. Masing-masing membaca surah yasin dengan dilafalkan nyaring bersama-sama, sambil diresapi. Membacanya dengan tartil biar mudah diikuti teman-teman yang belum terbiasa membaca cepat. Kemudian acara dilanjutkan dengan tahlil. Seperti biasa, aku juga yang memimpin. Suasana yang mengharukan menyelimuti kami, tetesan air hujan di luar menambah kesan mendalam di hati kami, sungguh damai dan rasanya plong deh, seperti tidak ada beban hidup sama sekali. Masalah kami di dunia ini seakan lenyap, hilang. Kami lantang menyerukan Laailahailallah!! Sebanyak 100 kali. Subhanallahiwabihamdih, subhanallahiladzim!! Sebanyak 33 kali, dan yang lainnya. Dalam suasana seperti ini, kami tak segan menggerakan badan khususnya kepala dalam rangka menikmati apa yang kami lakukan. Ada yang menggerakan badan ke kanan dan ke kiri, menggelengkan kepala, menggerakan tangan, dan sebagainya. Sungguh momen yang indah. Acara dilanjutkan dengan membaca asmaul husna, nama-nama Allah. Kami merindukan Allah, lewat nama-namaNya kami mencoba dekat dengan-Nya. Ya, kami merindukan Allah. Setelah sekian lama merasa jauh, kami meridukan kekasih kami Rasulullah, dan rabb kami yaitu Allah SWT. Merindukan perjumpaan yang indah dengan-Nya, lebih dari surga itu sendiri. Sungguh, limpahan kasih sayangnya senantiasa menyelimuti kami. Kami ingin sekali mengekspresikan kehambaan kami dengan sesuatu yang berharga untuk-Nya. Tak henti-hentinya pujian kepada-Nya..  Irhamna Ya Arhamarrohimin, kasihanilah kami wahai Tuhan yang maha mengasihani.

Tidak terasa, kami telah bersama dari pukul 19.00-21.00 itu kalau sampai selesainya acara kumpul-kumpul sambil diskusi mungkin sampai tengah malam. Selepas itu.. Nah, suguhan mantab menghampiri kami. Terang bulan spesial menjadi hidangan santapan malam yang nikmat disertai dengan minuman teh hangat. Hemm.. nyam-nyam. Kami menikmatinya bersama, rasa kekeluargaan begitu terasa. Aku melihat ketulusan dan cinta di wajah teman-teman. Mereka ini adalah teman-temanku yang aku kasihi, aku bangga berteman dengan mereka. Sehingga tak segan aku menganggap mereka adalah sahabat karib. Kalian spesial deh!! Ngerti wae, hehe.

About erwinpunyaku

Salam kenal bagi siapa saja yang mau berkenalan dan bersahabat dengan saya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

free counters

%d blogger menyukai ini: